Rabu, 09 Maret 2016

SAKSI 2016 SMP Labschool Jakarta
  
SAKSI adalah singkatan dari Studi dan Apresiasi Kepimpinan Indonesia yang merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh murid kelas 7 SMP Labschool Jakarta. Kegiatan ini diadakan untuk menjadikan murid kelas 7 menjadi disiplin dan mandiri. Sebelum itu, diadakan acara PRA SAKSI selama 3 hari. Kami diminta untuk membuat tongkat dan vandel, lari pagi, PBB dan masih banyak lagi. SAKSI kali ini diadakan di Dodiklatpur, Gunung Bunder, Jawa Barat pada tanggal 5-7 Februari 2016.
  Pada hari Jumat, 5 Februari 2016, seluruh siswa kelas 7 dan OSIS-MPK SMP Labschool Jakarta berkumpul pada pukul 06.00 di Hall Masjid. Diakan apel pemberangkatan sebelum kami menuju tronton masing-masing. Pada pukul 07.00, kami semua berangkat ke Gunung Bunder. Membutuhkan waktu selama 2 jam untuk sampai ke tujuan. Pada pukul 09.00, kami sampai tujuan tetap kami harus berjalan agak menanjak untuk sampai ke lapangan utama. Saat sampai di lapangan utama, kami diminta berbaris, tiarap, dan merayap sesuai perintah. Lalu, seluruh murid kelas 7 dibagi per pleton. Ada 8 pleton, masing-masing pleton berisi 30 siswa. Lalu, kami bersiap untuk makan siang dengan makan komando di barak karena diluar hujan. Lalu, bagi yang putri melaksanakan Salat Zuhur di barak dan putra melaksanakan Salat Jumat di Aula. Lalu, kami diberi materi tentang hewan melata oleh tim Sioux. Lalu, diadakan parade busana dari masing-masing kelompok oleh anggota yang disetujui oleh masing-masing kelompok. Lalu, kami kembali ke barak untuk bersiap-siap. Lalu, kami makan malam dengan makan komando. Lalu, kami menuju Aula unutk melaksanakan Salat Maghrib. Setelah itu, kami diberi materi oleh pihak TNI. Lalu, kami kembali ke barak dan tidur.
  
  Pada hari kedua, kami bangun pukul 04.30 dan bersiap-siap untuk melaksanakan Salat Shubuh. Lalu, kami bersiap-siap untuk sarapan. Seperti biasa, sarapan dilakukan dengan makan komando. Lalu, kami kembali ke barak untuk mengganti baju. Lalu, kami berkumpul di depan barak untuk diberi pengarahan kegiatan selanjutnya, yaitu outbond. Lalu, kami berjalan menuju lapangan utama untuk melaksanakan outbond. Sebelum itu, kami melakukan pemanasan dan berguling-guling sesuai perintah. Terdapat 7 rintangan seperti flying fox, turun tebing, melempar pisau dan kapak, meniti, dan lain-lain. Pada hari itu juga, diadakan baksos dan kunjungan orang tua murid. Setelah itu, dliadakan lomba merayap untuk mendapatkan vandel kelompok di lintasan yang sudah dirancang. Pemenangnya akan diberi kesempatan mengikrarkan janji SAKSI. Lalu, diadakan renungan oleh kakak OSIS-MPK. Lalu, kami diberi pin bendera merah putih yang menandakan bahwa kita lulus SAKSI. Setelah itu diadakan makan komado dihadapan seluruh orang tua murid. Lalu, kami diberikan kesempatan untuk beristirahat dan menemui orang tua murid. Setelah itu, kami semua hiking menuju Curug Kondang dan Curug Ngumpet. Sampai disana, kami semua turun ke air terjun, bermain air, dan menyanyikan lagu Halo-Halo Labschool di tengah-tengah air terjun bersama kakak OSIS-MPK. Lalu, kami kembali ke barak dan makan komando. Lalu, kami menuju Aula untuk melaksanakan Salat Maghrib dan Pentas Seni. Setiap kelompok wajib menampilkan pentas seni. Seperti, gombal, battle dance, musikalisasi puisi, acapella, dan lain-lain. Setelah itu, kami kembali ke barak dan tidur.
  
  Pada hari ketiga, kami bangun pukul 04.30 dan bersiap-siap untuk melaksanakan Salat Shubuh dan mengganti baju serta merapikan tas masing-masing dan barak. Lalu, kami berkumpul di depan barak untuk makan komando. Lalu, kami kembali ke barak untuk mengambil barang-barang kami dan kembali berkumpul di depan barak. Lalu, kami semua bergegas menuju lapangan utama untuk melaksanakan upacara penutupan. Perjalanan menuju lapangan utama sangat melelahkan ditambah dengan kami membawa barang bawaaan yang berat. Lalu dilaksanakan upacara penutupan dan diumumkan peserta terbaik SAKSI 2016, peragaan busana daerah terbaik, tongkat dan vandel terbaik. Lalu, kami bergegas menuju tronton dan pulang menuju SMP Labschool Jakarta. SAKSI 2016 ini adalah pengalaman yang tidak terlupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar