Senin, 10 Oktober 2016

PTS 2016 SMP Labschool Jakarta

PTS 2016 SMP Labschool Jakarta
   PTS atau penilaian tengah semester tahun ajaran ini dilaksanakan tanggal 3-7 Oktober 2016. Hari kamis sebelum memulai minggu pts, seluruh murid SMP Labschool Jakarta diberikan kartu legitimasi sebagai kartu PTS. Dihari pertama pelajaran yang diujiankan adalah Agama dan Bahasa Indonesia, dihari selasa diujiankan Matematika dan Prakarya. Dihari Rabu diujiankan PKN dan Bahasa Inggris, dihari Kamis diujiankan IPA dan Seni Budaya dan dihari terakhir terdapat pelajaran IPS dan PJOK
   Di SMP labschool, setiap ada penilaian entah tengah atau akhir semester akan duduk dengan kakak kelas atau adik kelas. Dan 8D di pts kali ini mendapatkan teman duduk dengan kelas 7D. Menurut saya pelajaran yang  paling susah di PTS kali ini adalah Ips karena hafalan yang harus kita hafalkan sangatlah banyak.
   Teman sebangku saya namanya Mia, dia kelas 7D. Anaknya cukup baik. Saya duduk dibarisan paling depan dan dibelakang saya ada Rieke bersama teman sebangkunya Naura. Pengawasnya selalu berubah-ubah setiap hari walaupun ada guru yang mengawas kita 2 kali tapi dengan pasangan yang berbeda karena setiap mata pelajaran ada 2 guru pengawas entah guru Labschool atau Guru PPG dari UNJ yang sedang mengajar di Labschool
   PTS dinilai dengan sistem scanner computer. Jadi kita harus memakai pensil 2B dan membulatkan di lembar jawabannya dengan benar tidak terlalu tipis atau terlalu tebal. Disaat pelajaran Matematika Dan Ipa kita dapat kertas buram untuk coret-coretan walaupun di soal pun kita bisa mencoret-coret dan menghitung soalnya.
   Kelas 8D dan 7D berada di kelas 8E yaitu ruang 13 dan kelas 8F yaitu ruang 14. Diruang 14 tidak b erisik baik kakak kelas maupun adik kelas dan itu sangat baik karena tidak akan mengganggu konsenterasi dan bisa membuat kita semua mengerjakan soal-soal PTS dengan baik dan benar. Pengawasnya pun beragam. Ada yang selalu keliling-keliling selama PTs berlangsung, ada yang asik mengobrol ber2, ada yang hanya diam saja di meja guru entah sibuk mengerjakan apa da nada juga yang sangking diam kelasnya pengawasnya pun tertidur dimeja guru.
   Nilai PTS sebenarnya tidak boleh diberi tahu sampai terima rapot bayangan nanti yang akan langsung dilihat oleh kedua orang tua, tetapi 2 hari setelah minggu PTS ini saja saya sudah tahu sekitar 4 nilai. Ada beberapa yang memuaskan dengan kesusahan solnya namun ada juga beberapa yang mengecewakan bagi saya.
   PTS ini sebenarnya sangat menyenangkan. Karena nilainya yang setara dengan nilai ulangan harian dan juga tugas dan kita juga bisa mengenal adik dan kakak kelas kita dan bisa berteman dengan mereka sehingga bisa mengurangi bullying yang biasanya terjadi antara adik kelas dan kakak kelas.

   Kalau masalah nilai, itu urusan akhir. Semua nilai akan bergantung dengan sekeras apa kita berusaha dan belajar juga serajin apa kita beribadah dan berdoa. Nilai-nilai saya juga tidak semuanya memuaskan namun kita masih bisa berusahan di penilaian penilaian selanjutnya dan harus bisa berjanji pada diri sendiri bahwa kita akan lebih rajin belajar dirumah, lebih serius mendengarkan penjelasan guru disekolah dan apabila ada les yang harus kita ikuti, kita juga harus mengikutinya dengan semangat karena orang tua kita sudah lelah bekerja agar kita bisa sekolah dengan baik dan mendapat masa depan yang cerah.

10 komentar: