Senin, 31 Oktober 2016

INVITA 2016

Apa itu invita? Invita adalah singkatan dari Industri Visit dan Tafaqkur Alam. Invita di SMP Labschool Jakarta dilaksanakan untuk kelas 8. Invita kali ini, diadakan tanggal 19-23 Oktober 2016.  Invita dilakukan di Jogja dan Solo. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenal lebih dekat tentang tempat-tempat yang kita kunjungi.
   Kita, angkatan 24 SMP Labschool Jakarta berangkat menaiki kereta eksekutif dari stasiun gambir. Jadi tanggal 19 Oktober kita berkumpul di stasiun Gambir sekitar pukul 17.30 WIB. Kami berkumpul di Pintu Utara. Setelah mendapat tiket dari masing-masing wali kelas, kami masuk ke dalam, menunggu kereta yang akan tiba pukul 20.00. Setelah berpamitan dengan orang tua, kami masuk lalu sholat jamak qasar maghrib dan isya. Setelah itu, kami berbaris dan mendengarkan salah satu dari pemandu wisata, Kusuma Wisata berbicara. Sekitar pukul 19.45 kereta kami, Argo Lawu sampai. Kami pun naik dan masuk ke gerbong masing-masing. Mencari tempat duduk, menaiki koper keatas kabin dan duduk. Setelah kondektur mengecek karcis, kami boleh berpindah tempat tapi tetap digerbong yang sama. Tidak lama setelah itu, kami dibagikan makan malam dan minum dan kami pun melakukan perjalanan selama sekitar 8 jam.
   Setelah 8 jam  berlalu kami pun tiba di Stasiun Tugu, Jogja. Kami turun dari kereta dengan membawa tas dan koper masing-masing. Kami pun berjalan keparkiran bus dimana 7 bus untuk sekolah telah terparkir disana. Setelah menaruh koper masing-masing kami pun memulai perjalanan hari [ertama menuju rumah makan CandiMas untuk transit mandi, sholat dan makan pagi. Setelah itu barulah kita memulai perjalanan menuju Sabila Farm, perkebunan buah naga. Kami disana mendengarkan penjelasan dari pemiliknya, Bapak Gun Sutopo dan menelusuri sedikit dari kebun buah naga yang ada disana. Kami disana dari jam 8 sampai 10 pagi. Setelah itu barulah kami menuju Solo, untuk ke PT Sritex.
   Perjalanan dari Jogja menuju Solo sekitar 2 jam. Sekitar jam setengah 1 kami sampai di PT Sritex. Di aulanya, kami mendengarkan penjelasan dan video yang menjelaskan tentang PT Sritex. Ada video yang menjelaskan tentang pendirinya, Pemilik yang sekarang, Negara yang diproduksi, dan masih banyak lagi. Setelah itu kami tiba di Showroomnya. Disana kami bisa membeli barang-barang hasil buatan PT. Sritex. Ada baju, daster, celana, jaket sampai kain bermeter-meter pun ada dengan berbagai bentuk dan motif. Setelah dari sana, kami kembali ke Jogja tapi sebelumnya kami berhenti di Masjid Agung Klaten untuk menunaikan sholat Dzuhur dan Ashar.
   Setelah itu kami sampai sudah Maghrib dan kami pun ke Jogja TShirt. Setelah itu kami makan dan langsung berjalan ke hotel. Di Bus kami dibagikan kartu hotel sesuai kamar masing-masing. Setelah sampai kami segera memasuki kamar masing-masing, membersihkan diri, berganti baju, mandi dan akhirnya tidur karena besok masih ada banyak tempat yang harus dikunjungi.
   Dihari kedua, kami pertama ke Keraton Jogjakarta. Disana kami mendengarkan orang keratin yang menjadi pemandu setiap 2 bus menjelaskan. Setelah dari keraton, kami pergi menuju desa giriloyo. Disana, kami duduk berkelompok dan belajar membatik, diajari oleh seorang ibu yang biasa membatik. Setelah itu, kami pergi ke pantai parangtritis. Disana kami bisa bermain, berfoto sepuasnya. Sampai pukul 4, kami kembali ke bus dan melanjutkan makan dan menuju malioboro. Di malioboro kami bisa berbelanja oleh2 atau membeli apapun sampai pukul 10 malam. Lalu kita kembali ke hotel dan beristirahat.

Dihari terakhir, kami check out hotel pukul 7 pagi. Kami melakukan lava tour. Selama lava tour kami mengunjungi 3 tempat. Rumah yang terkena letusan gunung merapi, batu alien dan yang terakhir banker. Lava tour sangatlah seru, kami menaiki jeep dari awal sampai kembali lagi ke tempat bus. Setelah itu, kami menuju tempat makan siang dan melanjutkan ke candi Borobudur. Disana, kami didampingi oleh 1 pemandu yang menjelaskan seputar candi Borobudur. Setelah berkeliling disana, sekitar pukul 4, kami ke bus dan menuju stasiun tugu karena sudah saatnya untuk kembali ke Jakarta. Kami sholat maghrib dan isya disana, lalu tidak lama kemudian kereta kami sampai dan kami pun kembali ke Jakarta pukul 8 malam dan sampai di stasiun gambir pukul 4 pagi. Invita kali ini sangat berkesan, memberikan pengalaman dan kenangan yang berkesan dan tidak terlupakan!